Rabu, 05 Juni 2013

Trend Warna 2013, Psikologi Warna Cat, Warna Rumah

Trend Warna 2013, Psikologi Warna Cat, Warna Rumah
Arti dalam warna, dalam bidang desain menjadi salah satu hal yang tak bisa dilepaskan. Bahkan, dalam menyampaikan pesan-pesan tertentu, warna menjadi hal dominan selain kurva-kurva. Misalnya, untuk memberikan kesan ceria, senang, gembira, akan banyak digunakan warna-warna cerah misalnya kuning terang, hijau muda, merah muda dll, demikian juga warna hitam dan merah gelap, akan sering digunakan dalam pembentukan desain yang lebih tegas, seram, formal 

Warna untuk rumah, sama halnya dengan desain, terlebih rumah adalah tempat tinggal, maka pewarnaan rumah menjadi sangat penting karena memiliki kaitan sisi psikologis orang yang tinggal maupun dilingkungan sekitar. Rumah dengan warna cerah akan memberikan kesan lebih nyaman dan bersahabat daripada rumah yang bercat hitam gelap, justru warna cat hitam gelap sangat cocok jika digunakan misalnya untuk distro yang menjual barang-barang beraliran rock hardcore.


Contoh warna rumah yang memberikan kesan psikologi baik adalah Biru. Warna biru memberikan ketenangan yang sempurna. Memberikan ketenangan pada saraf, urat nadi, aliran darah dan pikiran. Dengan adanya warna biru muda, pikiran akan lebih tenang dalam mengerjakan sesuatu, sehingga konsentrasi lebih terjadi.

Psikologi warna selanjutnya adalah warna kuning. Kuning memberikan kegembiraan, energi, dan semangat. Warna ini cocok bagi anda yang memiliki cita-cita tinggi dan dapat menimbulkan semangat yang tinggi. Demikian halnya dengan merah, sudah banyak dikenal, merah adalah warna yang berani, produktifitas yang tinggi dan daya juang yang kuat.

Makna dari warna hijau adalah kesatuan dengan alam, keselarasan, keharmonisan. Warna ini cocok untuk daerah perkotaan yang suhu udaranya sangat panas. Dengan penempatan warna hijau dirumah, akan memberikan kesan sejuk dan nyaman. Untuk memperkuat hal tersebut, dapat diberikan tambahan warna abu-abu maupun hitam dari batu kali maupun batu alam lainnya.

Warna dan arti adalah tinjauan dari sisi psikologis. Hal ini bisa anda terapkan dirumah sesuai keinginan anda dan sesuai dengan keadaan psikolog anda. Pemberian warna yang tepat akan memberikan dampak yang positif bagi seluruh penghuni rumah, terutama anak-anak. Alangkah lebih bijak memutuskan warna rumah sesuai keadaan pribadi, bukan semata mengikuti trend yang berlaku.


1 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik…
    Bagi Anda yang ingin memiliki Panduan Warna PANTONE silahkan kunjungi http://WarnaPantone.Com

    BalasHapus