Rabu, 22 Mei 2013

Contoh RUMAH Sehat, Gambar Rumah SEHAT, Lingkungan SEHAT

Contoh RUMAH Sehat, Gambar Rumah SEHAT, Lingkungan SEHAT
Rumah mungil yang sehat, mungkin menjadi impian bagi banyak orang akhir-akhir ini. Terlebih bagi pasangan muda yang baru menikah dan memimpikan memiliki rumah sendiri. Hal tersebut juga didukung dengan harga rumah sederhana yang relative lebih murah dari pada harus membeli rumah dengan tipe lain. Bukan pada mewah atau tidaknya dan bukan pada mungil atau luasnya, tapi tentang sehata atau tidaknya rumah tersebut sebagai tempat tinggal.

Bisnis rumah sehat pun menjamur seiring kesadaran masyarakat akan rumah yang sehat. Mulai dari jas bersih rumah, renovasi, salon kamar mandi hingga tahap renovasi.
Secara mendasar, bukan hal yang rumit untuk mendapatkan rumah sehat di kediaman Anda. Asal memenuhi beberapa prinsip berikut yang dihimpun dari berbagai sumber :

Ukuran rumah sehat, bukan merupakan hal mutlak. Dari ukuran yang mungilpun bisa menjadi rumah sehat. Dalam hal ukuran, yang menjadi dasar adalah kebutuhan ruang gerap minimal setiap manusia, yaitu 3 x 3 meter. Hindari melapisi seluruh areal tanah dengan lapisan beton maupun yang anti ari sehingga air dengan leluasa dapat mengalir terbuang. Justru member lahan resapan air adalah pilihan bijak. Saat air berlimpah, biarkan air kembali meresap kedalam tanah. Memberikan ruang resapan air dalam areal rumah juga mempercantik rumah, karena ruang resapan tersebut dapat ditanami rerumputan dan tanaman lain yang menambah asri suasana di rumah.

Model rumah sehat yang direkomendasikan rumah dengan desain cahaya matahari dapat masuk dengan optimal dan ventilasi berfungsi dengan baik. Sehingga udara panas dalam ruangan dan udara segar dari luar ruangan dapat mengalir dengan baik. Ventilasi tidak harus besar dan mahal, namun posisinya yang baik adalah berada di bukaan atas dan bawah.

Syarat rumah sehat berikutnya adalah tinggi platform. Tinggi platform yang cukup memberikan rasa nyaman dalam rumah, tinggi platform yang terlalu rendah menyebabkan rasa panah dan gerah yang dapat mengurangi kenyamanan dalam rumah.

Kriteria rumah sehat, untuk rumah bertingkat salah satunya memperhatikan desain tangga. Desain tangga yang baik adalah dengan lebar anak tangga 30 cm dan tinggi anak tangga maksimal 20 cm. Anak tangga yang didesain dengan salah, dalam jangka panjang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan tulang.

Gambar rumah sehat, sebagai salah satu contohnya adalah seperti gambar yang disajikan di artikel ini.  Rumah yang sederhanapun dapat menjadi rumah sehat. Mari hidup sehat dimulai dari lingkup keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar